Jika anda mencari peluang bisnis, sebaiknya anda baca mencari peluang bisnis untuk anda yang mencari peluang bisnis anda. Banyak peluang yang akan anda temui disana dalam berbisnis. Dan ada juga tips untuk memulai bisnis yang tepat.
Penetapan harga selalu merupakan topik yang menarik, tetapi lebih dari itu di dunia Teknologi Tinggi dan Perangkat Lunak. Dalam bisnis produk konsumen, jika ada paket kacang polong beku dari Green Giant dengan harga $ 3,99, Anda tidak akan melihat paket kacang polong ukuran orang lain yang sama dengan harga $ 14,99. Namun dalam High Tech, semuanya berbeda.
Laju inovasi di dunia Teknologi Tinggi mengarah ke harga yang ada di seluruh peta. Bukan hal yang aneh bagi pesaing baru untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi daripada pemimpin pasar yang ada saat ini — jika produk mereka didasarkan pada kemajuan yang mengubah pasar dalam fungsi produk karena teknologi baru. Ini tidak pernah terdengar di sebagian besar pasar.
Kemudian Anda memiliki bisnis PC, di mana kemajuan teknologi yang cepat selama jangka waktu yang panjang telah menyebabkan harga yang terus menurun - dengan manfaat besar bagi konsumen tetapi menekan margin (dan memang banyak pesaing) keluar dari pasar. Berbagai hal bergerak cepat di High Tech. Terkadang harga awal yang tinggi untuk memanen keuntungan saat Anda memiliki keunggulan fitur, di lain waktu diskon agresif berdasarkan struktur biaya lebih rendah karena teknologi yang lebih murah. Apapun masalahnya, Anda sering dapat mengandalkan pergerakan harga menjadi dramatis, dan memiliki efek mendalam pada segmen pasar High Tech dalam jangka panjang.
Jadi apa cara terbaik untuk menetapkan harga produk Teknologi Tinggi? Apakah yang terbaik adalah menambahkan biaya tetap Anda dan, mengalokasikannya ke jumlah unit yang diperkirakan untuk memastikan Anda memulihkan investasi Anda? Atau apakah lebih baik untuk mengambil biaya produk variabel Anda dan menggunakan pengganda standar yang berasal dari sejarah? Mungkin Anda baru saja menetapkan harga Anda berdasarkan harga pesaing Anda. Atau biarkan pelanggan memberi tahu Anda apa yang mereka bayarkan. Meskipun semua pendekatan ini memiliki manfaat dan tempat dalam kebijakan penetapan harga, tidak satu pun di antaranya yang harus menjadi faktor penggerak harga dalam strategi penetapan harga Anda.
Jadi apa faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam Penetapan Harga? Hal terpenting untuk fokus pada penetapan harga adalah VALUE. Berapa nilai produk Anda bagi pelanggan Anda sebagai pengembalian ekonomi, fungsional atau emosional? Dan bagaimana pelanggan menilai manfaat produk Anda relatif terhadap pesaing Anda?
Jadi mari kita bicara tentang sifat Nilai. Nilai adalah kebutuhan atau keinginan mendasar yang mendorong pelanggan untuk membeli produk High Tech. Jika manfaat yang disediakan oleh produk itu memenuhi keinginan atau kebutuhan tersebut dengan harga yang dapat diterima, Anda memiliki penjualan! Pertimbangan terpenting dalam penentuan harga berdasarkan nilai adalah dengan SEGMEN pasar Anda dengan benar sebelum keputusan penetapan harga. Segmentasi, menurut definisi, adalah proses memisahkan total addressable market menjadi “bucket” atau segmen pelanggan potensial yang memiliki nilai yang sama, dan oleh karena itu akan bereaksi sama dengan penawaran tertentu.
Apakah ini berarti bahwa begitu Anda membagi pasar Anda menjadi segmen pasar yang sesuai, Anda akan dapat membebankan masing-masing segmen harga yang berbeda yang didasarkan pada nilai yang dirasakan yang diberikan oleh produk tersebut. Mari kita lihat contoh pendekatan segmentasi ini, memasarkan produk perangkat lunak keamanan ke departemen TI Perusahaan. Melalui riset pasar Anda, Anda telah menyimpulkan bahwa pelanggan potensial dengan ambang batas rasa sakit tertinggi untuk masalah keamanan tertentu yang Anda pecahkan adalah bank.
Dengan hanya menambahkan beberapa fitur khusus perbankan untuk membangun "pagar" di sekitar segmen pasar ini, Anda mungkin dapat membebankan harga untuk versi spesifik perbankan dari produk Anda yang jauh melebihi apa yang dapat dibayarkan oleh segmen lain. Jika Anda memperluas model ini ke beberapa segmen dan melakukannya dengan benar, pendekatan ini akan menghasilkan pendapatan total yang jauh lebih tinggi daripada jika Anda menetapkan hanya satu harga untuk seluruh pasar. Proses penetapan nilai untuk setiap segmen pasar, penetapan harga hingga nilai penuh dan mengkomunikasikan nilai tersebut ke pasar adalah esensi dari harga berbasis-Nilai.
Akhirnya penting juga untuk mengingat bahwa tindakan penetapan harga tidak boleh dilakukan dalam ruang hampa. Penetapan harga adalah salah satu dari 4P pemasaran, dan keempatnya saling terkait. Anda tidak dapat menetapkan harga produk dengan tepat tanpa pada saat yang sama mempertimbangkan fitur dan manfaat produk, serta bagaimana itu akan dipromosikan dan didistribusikan.
Harga untuk produk perangkat lunak yang didistribusikan di Internet hampir pasti akan berada dalam kisaran yang lebih rendah daripada yang didistribusikan melalui kekuatan penjualan langsung yang canggih atau saluran VAR. Dan jika Anda tidak akan memiliki banyak anggaran promosi, kemungkinan besar Anda harus menjadi pemimpin harga untuk memiliki peluang sukses. Jika produk Anda berada pada defisit nilai yang dirasakan, harga Anda relatif terhadap pemimpin pasar mungkin harus agresif. Saya yakin Anda mendapatkan gambarnya.
Penetapan harga merupakan topik kompleks yang telah banyak ditulis oleh banyak buku. Posting ini dimaksudkan untuk menjadi pengantar harga di dunia Teknologi Tinggi, dan untuk membuat Anda berpikir. Saya harap ini membantu. Jadi ketika produk baru Anda berikutnya keluar, Anda akan terlihat sedikit lebih keras sebelum mengeluarkan harga dari udara.
0 komentar:
Posting Komentar